Tummy Time

Untuk usia: 0-3 bulan

Tummy time, atau yang biasa kita sebut dengan tengkurap, merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan oleh bayi untuk membantu perkembangan keahlian motorik dan kekuatan tubuhnya. Siapa sangka, aktivitas sederhana ini adalah awal dari kemampuan bayi Anda nantinya seperti duduk, berguling, dan bahkan merangkak. Bisa dibilang, tummy time merupakan hal terpenting yang dapat dilakukan untuk dapat membantu perkembangan kontrol bayi terhadap tubuhnya, terutama bagian kepala. Awalnya, sang bayi hanya dapat bertahan satu hingga dua menit berada dalam kedaan tengkurap—dia bahkan juga akan menolak keadaan ini karena sudah terbiasa tidur dalam kedaan telentang. Namun semakin sering kita melatih bayi kita pada posisi ini, dia akan semakin terbiasa dan kian mahir untuk mengontrol kepalanya.

Anda tidak perlu  meluangkan banyak waktu ataupun menggunakan peralatan khusus untuk aktivitas ini, Anda cukup meletakkan selimut atau handuk di atas kasur yang  agak keras atau di atas lantai yang berkarpet. Lalu letakkan bayi Anda dalam keadaan tengkurap dengan posisi kepala miring ke satu sisi. Agar sang bayi lebih semangat melakukan aktivitas ini, Anda juga dapat menemaninya dengan berbaring disisinya sembari menatap wajahnya.  Perlahan, bayi Anda akan memperoleh kekuatan untuk mengangkat kepalanya dan menoleh ke kiri juga ke kanan dalam jumlah yang sama. Seiring dengan bertambahnya waktu, coba tambah kuantitas waktu anak Anda berada dalam posisi tengkurap. Apabila kekuatannya sudah bertambah, bayi Anda akan dapat mengangkat kepalanya dan mengangkat badannya. Hal inilah yang akan menginisiasi aktivitas berguling dan merangkak pada bayi.

Di masa-masa awal bayi Anda mungkin akan kerap merasa tidak nyaman dengan posisi ini, namun kita dapat mengatasinya dengan melakukan beberapa hal, diantaranya memilih waktu yang tepat sehingga bayi dapat menikmati aktivitas ini. Sebagian besar bayi akan menikmati saat-saat tengkurap setelah tidur siang atau setelah popoknya diganti. Agar posisi ini bisa bervariasi, Anda juga dapat meletakkan bayi Anda secara tengkurap diatas gulungan handuk ataupun guling. Anda bisa melihat posisi mana yang paling disukai bayi Anda, tanpa atau menggunakan gulungan selimut ataupun guling.

Pastikan Anda mengawasi aktivitas ini, karena sebagian bayi mungkin akan memosisikan kepalanya ke arah depan sehingga dapat mengganggu pernapasannya. Ini sebabnya mengapa aktivitas ini tidak disarankan hingga bayi Anda dapat mengontrol lehernya.

Manfaat permainan:

  1. Belajar menggerakan tubuhnya
  2. Meningkatkan kemampuan motorik dan mengontrol tubuhnya
  3. Menajamkan koordinasi mata.

Disadur dari: www.gamaeswithbaby.com

Gambar: www.hidupgaya.com

Categories: Bayi (0-1 tahun), Indoor Games, Tips Bermain, Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: