5 Permainan Penting untuk Pertumbuhan Otak Bayi

Mempunyai seorang anggota baru di keluarga memang akan memberikan suasana yang lain daripada sebelumnya, apalagi anggota baru itu seorang bayi mungil yang baru lahir. Sebagai seorang papa atau mama bila anda sudah memikirkan apa yang bisa saya berikan atau apa yang bisa saya lakukan buat si kecil itu sudah sangatlah bagus.

Kebutuhan dasar si kecil

Hal pertama yang perlu diingat, bahwa pertumbuhan otak bayi bukanlah didapat hanya dari belajar atau bermain, melainkan tidur yang berkualitas. Ya, benar. Di saat tidurlah pertumbuhan otak bayi itu mencapai puncaknya. Ini daftar jam tidur dalam 24 jam, yang papa dapatkan disaat belajar bagaimana memberikan sesuatu bagi si kecil, yakni
a) Usia 0-3 bulan : 16-20 jam
b) Usia 3-12 bulan : 14-15 jam
c) Usia 1-3 tahun : 12-14 jam

Menumbuh kembangkan otak bayi

Tidur yang cukup dan pemberian ASI yang teratur akan memberikan pertumbuhan otak anak anda secara bagus. Banyak sekali orang tua di kota-kota besar yang kurang memperhatikan hal ini. Bila anda telah membaca ini dan ingat ada teman atau saudara yang memiliki bayi kecil sampaikanlah hal ini, karena besar sekali pengaruhnya untuk kecerdasaan anak mereka kelak.

Sekarang adalah bagaimana ‘mengisi’ otak bayi kita disaat mereka sudah bangun tidur. Ada 5 permainan sederhana yang bisa dilakukan:
1. Panggil namanya dari sisi kiri dan kanan dengan lembut. Berbagai macam respon yang anda dapat, ada yang melirik ada yang berusaha menoleh, ada yang tersenyum manis. Permainan ini berguna untuk melatih daya dengar mereka dan menstimulus otak mereka.

2. Menyanyi dengan suara lembut. Tidak usah malu bila anda tidak dapat menyanyi dengan bagus atau suara anda sumbang, bagi seorang bayi suara musik yang didengar merupakan satu sentuhan emosi, sentuhan kasih sayang yang ia dapatkan dari papa dan mama.

3. Menggendong, mengajaknya jalan dan membelai. Dalam gendongan anda seorang bayi akan merasakan rasa aman dan dengan belaian lembut kebutuhan emosinya akan kasih sayang sedang anda berikan saat ini.

4. Ci luk ba atau permainan sembunyikan wajah dan tampakkan wajah anda dengan tangan. Permainan ini akan memberikan pengertian bagi bayi anda, kalau ia tidak bisa melihat sebuah benda bila tertutup sesuatu. Selain menutup wajah dengan tangan, cobalah dengan sapu tangan dan biarkan si kecil yang membukanya.

5. Permainan lidah. “Mana lidahnya” terus julurkan lidah anda, maka si kecil akan mengikuti anda. Permainan ini menstimulus daya tangkap, pengelihatan dan respon si kecil.

Untuk mencari ide yang lain, jadilah bayi. Waktu papa mendapatkan ini, mulanya saya tertawa dalam hati. “Sudah besar (dewasa) gini kok disuruh jadi bayi lagi”. Ternyata, suatu saat sepulang kerja, saya tiduran di box kayu bayi saya, disana barulah saya bisa ‘melihat’ dari sudut pandang anak saya. Dan dari sana juga timbullah ide-ide baru mengembangkan permainan untuknya.

Anda bisa tersenyum sendiri ketika melihat pertumbuhan bayi anda, sesuatu yang indah yang tidak dapat digantikan dengan uang atau apapun di dunia ini.

Mau berbagi? Silakan kami senang mendengarkan.

Sumber: http://papadanmama.com/2009/04/5-permainan-penting-untuk-pertumbuhan-otak-bayi-anda/

Foto: Getty Images

Categories: Bayi (0-1 tahun), Indoor Games | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: